A. Pendahuluan
Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) daring menjadi panduan penting dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang efektif. Artikel ini menyajikan contoh RPP daring untuk kelas 4 SD dengan tema "Lingkungan," yang dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.
B. Informasi Umum
- Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia
- Fase: B
- Kelas: 4 SD
- Tema: Lingkungan
- Subtema:
- Manfaat Lingkungan Bagi Kehidupan
- Cara Menjaga Lingkungan
- Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 Pertemuan)
C. Capaian Pembelajaran (CP)
- IPA:
- Memahami hubungan antara lingkungan dan keberlangsungan hidup makhluk hidup.
- Mengidentifikasi dampak positif dan negatif aktivitas manusia terhadap lingkungan.
- Menjelaskan cara-cara menjaga kelestarian lingkungan.
- Bahasa Indonesia:
- Menulis teks deskriptif sederhana tentang lingkungan.
- Menyampaikan pendapat tentang pentingnya menjaga lingkungan.
- Menyimak informasi tentang lingkungan dari berbagai sumber.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:
- Menjelaskan manfaat lingkungan bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.
- Mengidentifikasi contoh aktivitas manusia yang berdampak positif dan negatif terhadap lingkungan.
- Menyebutkan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.
- Menulis teks deskriptif pendek tentang lingkungan sekitar.
- Menyampaikan pendapat dengan bahasa yang santun tentang pentingnya menjaga lingkungan.
- Menyimak dan memahami informasi tentang lingkungan dari video atau teks bacaan.
E. Profil Pelajar Pancasila
RPP ini mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila sebagai berikut:
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia: Menyadari kebesaran Tuhan melalui keindahan dan keberagaman lingkungan.
- Berkebinekaan global: Menghargai perbedaan pandangan tentang lingkungan dari berbagai budaya.
- Bergotong royong: Bekerja sama dalam kegiatan menjaga lingkungan di sekitar rumah.
- Mandiri: Melakukan tugas-tugas pembelajaran secara mandiri.
- Bernalar kritis: Menganalisis informasi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
- Kreatif: Membuat karya sederhana yang berkaitan dengan tema lingkungan.
F. Materi Pembelajaran
- Manfaat Lingkungan:
- Lingkungan sebagai sumber makanan, air, dan udara bersih.
- Lingkungan sebagai tempat tinggal makhluk hidup.
- Lingkungan sebagai sumber daya alam.
- Dampak Aktivitas Manusia:
- Dampak positif: reboisasi, pengelolaan sampah yang baik.
- Dampak negatif: penebangan hutan, pencemaran air dan udara.
- Cara Menjaga Lingkungan:
- Membuang sampah pada tempatnya.
- Menanam pohon.
- Mengurangi penggunaan plastik.
- Menghemat air dan listrik.
- Teks Deskriptif:
- Pengertian teks deskriptif.
- Ciri-ciri teks deskriptif.
- Contoh teks deskriptif tentang lingkungan.
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
- Media:
- Video pembelajaran tentang lingkungan.
- Gambar-gambar tentang lingkungan.
- Presentasi PowerPoint.
- Alat:
- Komputer/Laptop.
- Gawai (Smartphone/Tablet).
- Aplikasi pembelajaran daring (Google Meet, Zoom, Google Classroom, dll.).
- Internet.
- Sumber Pembelajaran:
- Buku siswa IPA dan Bahasa Indonesia kelas 4.
- Artikel tentang lingkungan dari internet.
- Video tentang lingkungan dari YouTube.
- Lingkungan sekitar rumah.
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu | Metode |
---|---|---|---|
Pendahuluan | 1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa. 2. Guru mengecek kehadiran peserta didik. 3. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang lingkungan sekitar peserta didik. Contoh: "Apa saja yang kalian lihat di sekitar rumah kalian? Apakah lingkungan di sekitar rumah kalian bersih dan sehat?" 4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari. 5. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. | 10 menit | Tanya jawab, Ceramah |
Kegiatan Inti | 1. Mengamati: Guru menampilkan video tentang lingkungan yang bersih dan lingkungan yang tercemar. Peserta didik mengamati video dengan seksama. Guru memberikan pertanyaan pemandu untuk mengarahkan pengamatan peserta didik. Contoh: "Apa perbedaan antara lingkungan yang bersih dan lingkungan yang tercemar? Apa penyebab terjadinya pencemaran lingkungan?" 2. Menanya: Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang video yang telah diamati. Guru memfasilitasi diskusi untuk menjawab pertanyaan peserta didik. 3. Mengumpulkan Informasi: Guru memberikan teks bacaan tentang manfaat lingkungan dan cara menjaga lingkungan. Peserta didik membaca teks bacaan secara mandiri. Peserta didik mencatat informasi penting dari teks bacaan. 4. Menalar: Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok kecil. Setiap kelompok berdiskusi tentang dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan. Setiap kelompok mencari contoh aktivitas manusia yang berdampak positif dan negatif terhadap lingkungan. 5. Mengomunikasikan: Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka. Guru memberikan umpan balik terhadap presentasi setiap kelompok. Guru memberikan penguatan materi tentang manfaat lingkungan, dampak aktivitas manusia, dan cara menjaga lingkungan. Guru memberikan contoh teks deskriptif tentang lingkungan. Peserta didik menulis teks deskriptif pendek tentang lingkungan di sekitar rumah mereka. | 50 menit | Pengamatan, Diskusi, Penugasan, Presentasi |
Penutup | 1. Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan. 2. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil belajar peserta didik. 3. Guru memberikan tugas rumah (PR) kepada peserta didik. Contoh: Mengamati lingkungan sekitar rumah dan mencatat contoh kegiatan menjaga lingkungan yang dilakukan oleh keluarga. 4. Guru menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 5. Guru menutup pembelajaran dengan salam dan doa. | 10 menit | Tanya jawab, Penugasan |
I. Asesmen (Penilaian)
- Asesmen Formatif:
- Observasi keaktifan peserta didik dalam diskusi.
- Penilaian hasil diskusi kelompok.
- Penilaian tugas menulis teks deskriptif.
- Asesmen Sumatif:
- Tes tertulis (pilihan ganda dan esai pendek) tentang materi pembelajaran.
- Unjuk kerja (presentasi hasil pengamatan lingkungan).
J. Pengayaan dan Remedial
- Pengayaan:
- Peserta didik yang telah mencapai tujuan pembelajaran dapat diberikan tugas tambahan, seperti membuat poster tentang ajakan menjaga lingkungan atau melakukan wawancara dengan tokoh masyarakat tentang upaya pelestarian lingkungan.
- Remedial:
- Peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran dapat diberikan bimbingan tambahan, seperti penjelasan ulang materi, pemberian contoh-contoh soal, atau tugas-tugas yang lebih sederhana.
K. Refleksi Guru
Setelah melaksanakan pembelajaran, guru melakukan refleksi untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Beberapa pertanyaan yang dapat digunakan sebagai panduan refleksi:
- Apakah tujuan pembelajaran tercapai?
- Apakah peserta didik aktif dalam pembelajaran?
- Apakah metode pembelajaran yang digunakan efektif?
- Apakah media pembelajaran yang digunakan menarik dan relevan?
- Apa saja kendala yang dihadapi selama pembelajaran?
- Apa saja yang perlu diperbaiki untuk pembelajaran berikutnya?
L. Lampiran
- Materi Ajar (Teks Bacaan, Presentasi)
- Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
- Instrumen Penilaian
RPP ini merupakan contoh yang dapat dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik di kelas masing-masing. Fleksibilitas dalam Kurikulum Merdeka memungkinkan guru untuk berkreasi dan menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi peserta didik. Penting untuk selalu memperhatikan umpan balik dari peserta didik dan melakukan refleksi secara berkala untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Leave a Reply